Banner Promo

Menu Pilihan

Tugas Misdinar di Kapel Atma Jaya

Sudah lebih dari sebulan gue kuliah, tapi gue belum pernah ikut kegiatan UKM yang gue ikutin. Padahal mahasiswa itu mestinya aktif di UKM/Organisasi.
Gue ikut UKM PAJ (Pastoran Atma Jaya)  & UCMJ (Unit Citra Muda Jaya), UKM band-nya Atma Jaya. Berhubung UCMJ belum ada kegiatan, gue coba kegiatannya PAJ yaitu menjadi petugas misa.



Gue memilih menjadi misdinar karena gue memang udah berpengalaman menjadi misdinar di Paroki gue. Hari Jumat 24 September 2010, jam 11.30, untuk pertama kalinya gue ke kapel Atma Jaya yang ada di gedung B lantai 13. Gue langsung menuju ke Sakristi. Disitu udah ada temen gue, Ande. Misa dimulai jam 12.00 jadi masih ada waktu  setengah jam. Waktu yang ada gue gunakan untuk latihan singkat sama Ande.

Selama latihan, gue kaget dan bingung dengan tata cara tugas misdinar di situ, karena agak berbeda dengan tata cara di Paroki gue.

Dari awal aja udah beda. Kalo di gereja gue, saat perarakan masuk, misdinar membunyikan gong dahulu. Tapi kalo di Atma, yang dibunyikan adalah lonceng oleh orang yang ada di sakristi selain petugas misa.

Lalu, sebelum persembahan dan pembersihan setelah komuni, misdinar harus turun dari panti imam kemudian hormat ke Altar baru setelah itu ke meja kredens. Kalo di Paroki gue, misdinar langsung ke meja kredens.

Yang terakhir, saat doa syukur agung, setelah romo membaca agar menjadi bagi kami ..bla bla bla.....misdinar membunyikan gong. Kalo di Paroki gue yang dibunyikan adalah lonceng.

Nah, setelah melihat perbedaan itu, menurut anda (yang ngerti tata cara tugas misdinar) manakah tata cara yang benar ?
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

1 Komentar untuk "Tugas Misdinar di Kapel Atma Jaya"

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel