Terbaru

Brian Praszetyawan's Blog

Welcome

SELAMAT DATANG di Brian Praszetyawan's Blog
Bila anda mau bertanya atau menyampaikan sesuatu silakan komentar di blog ini. Bisa juga lewat email: brian_cisc@yahoo.co.id. Twitter: @praszetyawan


Protected by Copyscape Duplicate Content Detector

Jurusan Kuliah Untuk Jurusan IPA dan IPS

Bagi anak SMA, Memikirkan akan kuliah kemana dan mengambil jurusan apa sudah dilakukan sejak awal bahkan sejak kelas 10. Sebab, itu mempengaruhi saat memilih jurusan IPA atau IPS bagi anak kelas 10. Maka dalam mengambil jurusan harus dipikirkan matang-matang dan harus mendukung untuk menentukan jurusan yang akan dipilih saat kuliah.
Sebagai gambaran, Berikut ini saya beri daftar jurusan kuliah yang cocok untuk IPA dan IPS.

IPA

Teknik Informatika
Teknik Elektro
Teknik Mesin
Teknik Industri
Teknik Perminyakan
Teknik Kimia
Teknik Komputer
Teknik Pertambangan
Teknik Sipil
Teknik Metalurgi dan Material
Teknik Fisika
Teknik Penerbangan
Teknik Perkapalan
Teknik Planologi
Teknik Lingkungan
Teknik Geologi
Teknik Bangunan
Ilmu Komputer
Teknologi Pangan
Biologi
Kimia
Sistem Informasi
Kedokteran
Kedokteran Gigi
Kedokteran Hewan
Arsitektur
Farmasi
Bioteknologi/Teknobiologi
Ilmu Kelautan
Agronomi
Agroekoteknologi
Agribisnis
Pendidikan Matematika
Pendidikan Biologi
Pendidikan Kimia
Pendidikan Fisika
 Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
Ilmu Keperawatan
Kehutanan
Ilmu Gizi
Agroteknologi
Kesehatan Masyarakat
Peternakan
Budidaya Perairan
Ilmu Tanah
Biokimia
Meteorologi
Manajemen Sumberdaya Perairan
Geofisika
Kebidanan
Budidaya Perairan
Statistika


IPS

Akuntansi
Manajemen
Ilmu Ekonomi
Ekonomi Pembangunan
Psikologi
lmu Hukum
 Ilmu Hubungan Internasional
Ilmu Komunikasi
Ilmu Administrasi Fiskal
 Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Administrasi Niaga
Ilmu Administrasi Bisnis
Ilmu Politik
Kriminologi
 Ilmu Kesejahteraan Sosial
Sosiologi
Antropologi Sosial
Sastra Inggris
Sastra Jepang
Sastra Perancis
Sastra Jerman
Sastra Cina
Sastra Korea
 Sastra Belanda
 Sastra Indonesia
Ilmu Perpustakaan
 Sastra Rusia
Ilmu Filsafat
Ilmu Sejarah
Arkeologi
Sastra Arab
Sastra Jawa 
Pendidikan Ekonomi
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Geografi 
Pendidikan Sosiologi
Hospitality (Pariwisata)
Geografi (murni)
Jurnalistik
Public Relation
Hubungan Internasiona
Desain Produk
Desain Interior
Fotografi
Ilmu Pemerintahan 
Desain Komunikasi Visual
Bimbingan dan Konseling
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan Seni Rupa
Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Pendidikan Tata Boga
Pendidikan Tata Rias
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi 
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Administrasi Pendidikan
Teknologi Pendidikan
Pendidikan Guru PAUD
Manajemen Pendidikan

Catatan Tambahan:
Memilih jurusan kuliah tidak harus disesuaikan dengan kelompok jurusan yang diambil saat SMA (IPA/IPS). Misalkan saat SMA mengambil jurusan IPA, ketika akan memilih jurusan kuliah tidak harus memilih yang jurusan kelompok IPA. Jurusan kelompok IPS juga bisa dipilih. Begitu juga sebaliknya. Pada jalur SBMPTN tersedia kelompok ujian campuran (dahulu disebut IPC) yang membuat kalian bisa memilih program studi dari kelompok IPA maupun IPS.
 Saya juga sudah mengecek web snmptn, web Universtas Indonesia, web UGM dan web Universitas Bengkulu (Maret 2014) bahwa tidak ada syarat pemilihan jurusan kuliah harus disesuaikan dengan kelompok jurusan yang diambil saat SMA. Sehingga memungkinkan memilih lintas jurusan.
 Namun perlu dilihat persyaratannya khususnya. Misalkan jurusan kedokteran memang hanya anak IPA yang boleh mendaftar. Untuk persyaratan khusus seperti itu bisa dicek di web snmptn atau website universitas masing-masing.
Menurut saya, hal lain yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah adalah pasion. Ya, sesuaikan jurusan pilihanmu dengan pasion yang kamu miliki. Misalkan jika kamu senang mengajar dan suka dengan anak-anak, bisa memilih jurusan bidang keguruan. Jika memiliki pasion di bidang tulis menulis, bisa memilih jurnalistik atau sastra Indonesia.

Lihat Juga:
jurusan farmasi terbaik di Indonesia 

jurusan teknik sipil terbaik di Indonesia 

jurusan sistem informasi terbaik di Indonesia 

jurusan teknik elektro terbaik di Indonesia

jurusan psikologi terbaik di Indonesia  

jurusan ilmu komunikasi terbaik di Indonesia

jurusan kedokteran terbaik di Indonesia  

jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia 

jurusan manajemen terbaik di Indonesia

jurusan desain komunikasi visual terbaik di Indonesia

jurusan teknik industri terbaik di Indonesia
 

61 comments:

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

jadi teringat masa2 SMA.... hehhehe

eh, hari ini gue lihat nama lu di tabloid Bola.... Lu kirim tulisan ke sana yah? Nama lu Raimundus Brian P kan?

Praszetyawan mengatakan...

hehe iya itu nama gw, gw emg ngirim tulisan ke sana dan puji Tuhan tulisan gw dimuat hehe

Nur Hasanah mengatakan...

Thanks gan
Manfaat bgt :)

ade miftah fauzi mengatakan...

Cukup banyak juga yah..

hhmmzt,, semoga ajah kuat di salah satu jurusan tersebut..

Praszetyawan mengatakan...

Iya.. itu juga belum semua. Masih ada jurusan DKV, PGSD, Bimbngan Konseling, Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan dll

rio mengatakan...

kk, saya tnya klo anak ips bisa masuk ke ITS Industri gag??

mohon balesannya

Praszetyawan mengatakan...

setelah saya baca informasi dari websitenya, sepertinya tidak bisa. kalo ips bisa masuknya ke jurusan ini: Desain Produk dan Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistim Informasi, dan Managemen Bisnis

jhovia aloedya mengatakan...

Kak mau tanya , kalo psikologi itu dalam pendidikannya lebih ke ips atau ipa?, ada yang bilang ipa ada yg bilang ips juga. Aku pernah baca di sebuah buku daftar jurusan PTN psikologi ada yg masuk sainstek ada yg soshum. Makasih kak

Praszetyawan mengatakan...

kalo secara umum, lebih ke IPS. Namun ada sebagian kampus di Indonesia menempatkan Psikologi di kelompok IPA. Itu mungkin karena tergantung jenis pendalaman psikologi yang diterapkan ditiap kampus. Lebih ke saintek atau soshum.
Namun untuk tambahan referensi, ini info yang saya dapat dari website UGM:
"calon mahasiswa yang memiliki keunggulan dalam bidang matematika dan Bahasa Inggris cenderung lebih mudah mengikuti perkuliahan di Fakultas Psikologi UGM"

rio mengatakan...

oya kk, mau tnya lagi klo seumpama ingin kerja di pertambangan batubara, itu yg jurusannya ips bisa tidak masuk kesana, dan kuliahnya ambil jurusan apa???

makasih kk, mohon balasannya

Praszetyawan mengatakan...

masuknya teknik pertambangan. Saya tidak tahu pasti. Mungkin bisa kalo jurusan ips, tapi dikhawatirkan bakal kesulitan diperkuliahannya. Karena ilmu yang di pake IPA banget

Bayu Widodo mengatakan...

Thanks informasinya, sangat membantu :)

rio mengatakan...

oke kk makasih banyak infonya kk , smoga blog ini bisa trus berjalan dan berguna untuk anak lain

hans christhian mengatakan...

saya tambahkan sedikit
IPS ilmu sejarah dan geologi
IPA
teknik plastik

iik mengatakan...

Boleh nanya ? Kalo anak ipa bisa masuk fisip atau hubungan internasional ?

Praszetyawan mengatakan...

@hans christhian: terimakasih untuk tambahannya

@iik: kalo anak ipa bisa kok masuk fisip atau Hub internasional. kalo anak ipa sih bebas bisa masuk mana aja hehe

Josephine Marcella mengatakan...

kka, aku mau tanya, kalo anak IPS boleh tidak masuk jurusan ilmu geologi? kan di IPS juga dielajari dasar tentang geologi di pelajaran geografi :)

Praszetyawan mengatakan...

iya bisa saja... tapi jangan salah.Mgkin bakal berbeda dgn geologi yg dipelajari di SMA. Jurusan Geologi justru juga banyak belajar kimia, fisika, matematika. Nah gimana gak ipa banget tuh hehe.
Jadi kalo mau pilih jurusan geologi ya siap-siap saja hadapi ilmu-ilmu IPA itu hehe

benedikta wina mengatakan...

Kak,bukannya yang kurikulum 2013 ngk boleh lintas jurusan
Yang ipa ya nanti kuliahnya yg berhubungan sm ipa aja,ngk bisa ke semua jurusan. Bener gitu ya?

Anonim mengatakan...

kak, jurusan seni rupa itu milik IPS kak?? IPA?? gak bisa?? bagaimana SBMPTNnya nanti??

Praszetyawan mengatakan...

@benedikta wina: wah saya malah kurang tahu.
@anonim: iya jurusan seni rupa masuk kelompok IPS. Tapi IPA mungkin bisa juga kalo pas SBMPTN pilih ujian kelompok campuran (IPA & IPS)

Anonim mengatakan...

ka , saya anak SMA jurusan IPA ..
Saya mempunyai keinginan untuk mendirikan lapangan pekerjaan di bidang jasa ..
Jurusan apa yg cocok untuk saya ?
Makasih

Praszetyawan mengatakan...

tergantung.Jasa dibidang apa ?

kevin pigou mengatakan...

Kak nama saya kevin apakah bisa anak ips ngambil jurusan agribisnis sama agroteknologi
Tolong dibals ya kak

Praszetyawan mengatakan...

iya bisa. tapi tidak semua universitas yg bisa menerimanya. Kamu cek aja di web snmptn apakah kampus target kamu menerima siswa dari IPS.
ini saya beri link snmptn contoh kampus yang menerima siswa IPS masuk jurusan agribisnis & agroteknologi : https://web.snmptn.ac.id/ptn/15/2552

lampit rotan mengatakan...

dulu ane sempat bingung juga milih jurusan.... tapi Alhamdulillah masuk IPA dan sekrng kuliah Teknik Informatika

Anonim mengatakan...

Kira" di fakultas bioteknologi, matematikanya serumit di SMA ga yah? Deskripsi lebih jelas dong,thanks

annisa fadjrin mengatakan...

kak,sastra inggris tu bisa jadi guru kan???

Brian Prasetyawan mengatakan...

@anonim: waduh maaf saya tidak terlalu tahu.
@annisa: iya tetep bisa kok :) pastinya guru bahasa inggris kan ? hehe

annisa fadjrin mengatakan...

ya iyalah,,Jadi kalu pengen jadi guru bhs.inggris lebih baagus masuk IPS ya kak?

Brian Prasetyawan mengatakan...

iya betull

silvester mengatakan...

Bang, kalo Teknik Elektro yang bagus tapi murah di mana ya..??

Brian Prasetyawan mengatakan...

Haha kau sudah mau lulus juga. Oh mksdnya teknik elektro buat S2 ? widihhh saya teh gatau hehe

silvester mengatakan...

Iya nih.. udah mau Lulus SMA.. Wkwkwk... :D :D Taulah yang udah lulus itu.. haha
Ga nyangka ya Bri, ntar lagi lu udah nikah.. wakakak.. :D (#salahtempatkoment)

Brian Prasetyawan mengatakan...

Haha Hus... jangan memutarbalikkan Fakta. Kan lu duluan yg mau nikah wkwkwk

Zahratun nisa mengatakan...

permisi numpang tanya. saya suka sama ilmu geologi dan biologi. nilai saya cukup di ipa, tapi guru saya malah merekom saya ke ips. jadi bagaimana? sebenarnnya saya tidak setuju, tapi guru guru saya malah semakin menekan saya. sedangkan cita cita saya tidak disitu. apa ada saran yang tepat? terimakasih.

Brian Prasetyawan mengatakan...

Guru kan hanya merekom aja. Menurut saya sih keputusan tetep ditangan kamu. Kalo emang udah yakin masuk IPA ya pilih IPA. Karena yang bakal ngejalanin kan kamu. Kalo memilih jurusan karena terpaksa, ngejalaninnya jd gak enak juga. Belajarnya jadi gak semangat kan ?

Itu pendapat saya

Eka mengatakan...

Kak, kalo mau kerja di perkantoran, kuliah nya milih jurusan apa ya?
Thx

Brian Prasetyawan mengatakan...

wah pekerjaan di perkantoran kan banyak macemnya. Jurusannya juga macem-macem bisa pilih akuntansi, manajemen, teknik informatika, Public Relation, Desain Komunikasi Visual, Ilmu administrasi Bisnis.
tergantung mau dibidang apa kerjanya.

Anonim mengatakan...

Kak, dkv itu nantinya prospek kerjanya apa aja ya kak? Makasih sebelumnya

Brian Prasetyawan mengatakan...

Kalo DKV kerjanya bisa jadi web designer, illustrator, Creative staff, Graphic Desingner, Art Director, Layouter

mochamad khoirul anam mengatakan...

Permisi kak,mau tanyak.prospek kerja ilmu gizi itu apa aja ya kak?luasan mana sama jurusan analis?makasih

Brian Prasetyawan mengatakan...

bisa menjadi konsultan gizi di perusahaan industri makanan dan minuman, atau kamu juga bisa menjadi wirausahawan dengan membuka catering diet untuk pasien. Selain itu bisa juga kerja di BPOM, di Badan Ketahanan Pangan juga bisa.
Wah saya tidak terlalu tahu luasan mana. Tapi sepertinya luasan analis

Chika Vellycia mengatakan...

kak , aku kelas 10 nti mau ambil jurusan psikolog . tp aku bingung msuk ipa atau ips krna kbanyakan univ biasany psikolog di tmpatkan di ipa dan kira2 univ dmna yg bgus untuk psikolog ya ka ? thankyou

Brian Prasetyawan mengatakan...

Ya IPS aja. Justru setau saya kebanyakan univ biasanya psikolog ditempatkan di IPS. Setau saya Cuma UNPAD aja yang naroh psikologi di IPA.
Psikologi yg bgus (akreditasi A) ada di Atma Jaya Jakarta, UI, UGM, UNAIR, Sanata Dharma, Tarumanegara, UMM, Mercubuana Jogja, UBAYA.

joel welly mengatakan...

Kak saya jurusan IPS kurikulum 13
Univ mana ya yg nerima anak ips masuk ke teknik industri..mohon infonya ya kak thx

widhia mengatakan...

kk klo bioteknologi itu yg gmn yah?

Brian Prasetyawan mengatakan...

@joey welly: waduh maaf saya tidak tahu univ mana yg bsa nerima. Stlh saya cek di web snmptn, kampus2 mensyaratkan harus IPA.

@Widhia: biar lebih jelas coba baca: jermandes.wordpress.com/2013/06/25/sekilas-tentang-jurusan-biotechnology/

riris ap mengatakan...

kak, kalok dari IPS mau masuk jurusan perencanaan wilayah dan kota berarti SBMnya ikut IPC?

Brian Prasetyawan mengatakan...

iya betul

Anonim mengatakan...

Kak, bisa saran website yang ngejelasin jurusan psikologi nggak? Hehe makasih kak^^

Brian Prasetyawan mengatakan...

coba buka web ini: http://www.jurusankuliah.net/2013/03/review-jurusan-psikologi.html

B.Y mengatakan...

Kak, aku jurusan ipa kurikulum 2013, bisa ga ya masuk desain interior? Soalnya setauku desain interior ternyata buat ips, tolong dijawab ya kak

devipm mengatakan...

Kak mau sedikit nanya nih kalau teknik industri itu prospek kerjanya kemana saja yakak? Dan univ yg bagus

Anonim mengatakan...

Tlong jelasin maksud sastra Korea dong kak?

annisya istiqamah mengatakan...

kak, mau nanya, saya dari jurusan ipa, tapi saya mau jurusannya nanti pas kuliah mau manajemen gitu kak, apa ya kak yang cocok jurusan ipa untuk itu?

Trick mengatakan...

permisi.
kak, tolong sebutin prospek kerja lulusan sastra Jepang dong
dan lulusan IPS bisa gak ambil ilmu komputer?
thanks

Anonim mengatakan...

permisi kak mau tanya..
saya kan sma jurusan bahasa tapi saya inginnya pas nanti kuliah nanti ambil ilmu hukum.. itu bisa gk kak ??

Anonim mengatakan...

kak, kalau pingin masuk jurusan manajemen/bisnis sma nya ipa atau ips?
trus kata guru privat saya kalau smanya jurusan ipa bisa masuk semua jurusan, emgnya bener?
makasih

Devina Hilda mengatakan...

Kak, kalo jurusan ipa bisa masuk ekonomi/ akuntan ga? Soalnya ekonomi/akuntan itu kan salah satu materi di jurusan ips.

isqina rizky Fiorentina mengatakan...

Kak kalo aku bisa math tp ipa aku kurang tp aku anak ipa mending masuk jurusan teknik yang apa ya?

Poskan Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Jika ingin mencopas postingan diatas, harus mencantumkan link blog ini
terimakasih...

Langganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Banner

Komunitas Blogger Bekasi

blog-indonesia.com Top personal blogs
 

Brian Praszetyawan's Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger